Pelayanan Posyandu dan Sosialisasi Kanker Serviks Desa Madenan

Administrator 12 Juni 2019 10:59:13 WITA

Madenan (12/6), Seperti kegiatan yang terus berjalan di Desa Madenan, Setiap tanggal 12 dilaksanakan pelayanan untuk penimbangan, Imunisasi Balita dan lansia di Dusun Kelodan dan Kajanan oleh Pusyandu Desa Madenan. Pada posyandu bulan Juni ini, banyak ibu-ibu yang semangat untuk menerima pelayanan posyandu untuk mereka.

            Dalam kesempatan kali ini pula di sosialisasikan mengenai Kanker Serviks. Mengingat penyakit silent killer ini merupakan penyakit sangat berbahaya bagi perempuan. Masih ingatkah anda dengan Jupe? Seorang artis yang meninggal diusia muda karena mengidap penyakit ini. Dilansir dari https://cegahkankerserviks.org ,setiap tahunnya sebanyak 20.928 perempuan Indonesia terdiagnosis kanker serviks dan 9.498 diantaranya meninggal karena penyakit ganas ini.

Kanker serviks adalah kanker yang tumbuh pada sel-sel di leher rahim. Umumnya, kanker serviks tidak menunjukkan gejala pada tahap awal. Gejala baru muncul saat kanker sudah mulai menyebar. Kanker ini disebabkan oleh human papilloma virus (HPV) onkogenik, yang menyerang leher rahim. Kanker leher rahim pada stadium awal tidak menunjukkan gejala yang khas, bahkan bisa tanpa gejala. Pada stadium lanjut, gejala kanker serviks, antara lain: perdarahan post coitus, keputihan abnormal, perdarahan sesudah mati haid (menopause) serta keluar cairan abnormal (kekuning-kuningan, berbau dan bercampur darah).

            Tindakan primer atau yang terpenting untuk mencegah terjadinya kanker serviks adalah melalui vaksinasi HPV. Vaksinasi HPV membuat tubuh membentuk antibodi terhadap virus HPV, sehingga virus yang masuk akan mati dan tidak sampai menimbulkan kanker serviks.

 

Komentar atas Pelayanan Posyandu dan Sosialisasi Kanker Serviks Desa Madenan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

KALENDER

JAM

Time in Denpasar:

Lokasi Madenan

tampilkan dalam peta lebih besar